Komputer Coba Prediksi Nuklir Iran


[10 Pebruari 2009] Iran diduga mengembangkan senjata nuklir sehingga mengkwatirkan negara-negara barat.Namun diprediksi tak mampu membuat bom nuklir.Bahkan kekuasaan Presiden Iran,Mahmoud Ahmadinejad perlahan akan lenyap.



Proyeksi penuh percaya diri tersebut dibuat berbasis model simulasi komputer dan game yang dibuat oleh Bruce Bueno de Mesquita. Bueno adalah penasehat lembaga intelijen Amerika, CIA dan Departemen Pertahanan AS.

Dikutip detikINET dari AFP, Senin (9/2/2009), simulasi komputer itu memprediksi bahwa tahun depan, Iran sampai pada tahap mampu membuat senjata nuklir. Namun diprediksi Iran tak akan benar-benar mampu memproduksi bom nuklir.

Menurut CIA, model komputer yang dikembangkan Bueno punya ketepatan sampai 90 persen. Faktor yang dipertimbangkan untuk memprediksi buklir Iran ini misalnya siapa yang berkepentingan dengan isu tersebut, apakah mereka memang mengatakan keinginannya dan apakah akibatnya dapat ditanggung.

"Ahmadinejad dalam proses lengser. Kekuasaannya kian menurun," klaim Bueno de Mesquita dalam perhelatan Technology, Entertainment, Design Conference.