Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Kampanye damai Pemilu Indonesia 2009, Satu kalimat yang harus diperhatikan dalam pesta Demokrasi Indonesia. Baik itu pemilu legislatif maupun pemilu presiden. Dalam hal ini, Parpol atau partai politik peserta pemilu dengan para Calon Legislatif (Caleg) nya (juga capres) bertanggungjawab atas terselenggaranya kampanye yang damai. Hal ini berkaitan erat dengan Parpol sebagai kendaraan politik menuju kancah Pemilu Indonesia, sehingga sudah seharusnya mereka dapat mengendalikan konstituen dan simpatisannya untuk dapat berkampanye secara damai di pemilu Indonesia khususnya di 2009 ini. Namun demikian, diperlukan pula niat dan itikad baik segenap rakyat Indonesia sebagai akar rumput demokrasi.







Pemilihan umum adalah gerbang Demokrasi. Setiap orang dapat berpartisipasi baik untuk dipilih maupun memilih, sehingga sangat mudah terjadi benturan benturan yang berlatar kepentingan politik. Perlu sebuah kedewasaan sikap, khususnya Partai Politik sebagai kendaraan demokrasi terutama Pemilu Indonesia 2009 yang semakin terbuka dan menuju proses kedewasaan Politik.

Pelaksanaan kampanye dalam rangka pengenalan calon Legislatif dan parpol juga calon Dewan Perwakilan Daerah sebagai peserta pemilu terkadang diwarnai hal yang sangat mencoreng nama bangsa. Pemasangan logistik kampanye seperti spanduk, baleho, poster, bendera dan lain sebagainya yang kadang merusak pemandangan (setidaknya menurut saya!), adanya upaya pembelian suara dengan pembagian sembako, bahkan uang, black campaign dan lain lain yang notabene akan membawa perpecahan jika kita tak menyikapinya.

Dimasa-masa kampanye (damai?) seperti ini, rakyatlah yang menjadi celebrity demokrasi. Selebrity yang hanya menuntut Wakil Rakyat yang benar benar memperjuangkan hak haknya. Bukan Anggota dewan yang berkata manis saat kampanye tetapi yang memperjuangkan nasibnya. Apa sih yang dituntut rakyat selain bisa berpakaian, bisa tidur nyenyak, perut tidak lapar dan merasa aman?

Jangan pedulikan berbedaan suku, agama, ras, Jangan pedulikan dari partai politik mana, Jangan pedulikan dari yang kaya dan miskin, hari ini, detik ini juga mari kita sepakat untuk mewujudkan Kampanye Pemilu Indonesia damai 2009.

Didedikasikan untuk rakyat indonesia,
dalam rangka memeriahkan kontest Kampanye Pemilu damai Indonesia 2009.